Penggunaan Used to, To be Used to dan Get Used to

Penggunaan used to dan use to kadang sedikit membingungkan bagi mereka yang baru belajar bahasa Inggris. Terutama karena bentuknya yang sama tapi bisa memiliki arti yang berbeda. Berikut adalah penggunaan used to dan use to.

Used to sebagai Verb
Used to sebagai kata kerja menjelaskan sebuah kegiatan yang biasa dilakukan diwaktu lampau dan tidak dilakukan lagi saat ini. Used to adalah bentuk past tense karena memang digunakan untuk kata kerja lampau. Ketika digunakan dalam kalimat tanya atau negatif maka base form dari kata kerja ini digunakan yaitu "use to" tanpa -ed.

Inilah yang sering membingungkan, kita ragu apakah harus menggunakan "used to" atau "use to" padahal kalau kita menggunakan patokan past tense dan base form akan sangat jelas. Yang perlu diingat adalah "used to" digunakan untuk kegiatan yang sudah berlangsung di waktu lampau jadi harus menggunakan past tense.

Contohnya:
- I used to play basketball after school.
- She used to call me sister
- I didn't use to walk down the street
- Did you use to buy candies when you were a child

To be Used to
Ini adalah bentuk used to yang juga membingungkan. To be used to mempunyai makna terbiasa atau biasa. Misalnya jika kita ingin mengatakan kita terbiasa mengendarai mobil dalam waktu lama maka kita bisa mengatakan "I am used to driving for long hours"

Contoh lainnya
- Dina is used to drinking coffee
- They are used to playing at night

Get Used to
Bentuk used to yang ini cukup mudah dipahami, get used to mempunyai makna menjadi terbiasa. Misalnya kita awalnya biasanya bangun siang tetapi karena harus bekerja kantoran kita menjadi terbiasa untuk bangun pagi-pagi sekali contoh kalimatnya: " I get used to waking up early in the morning"

Perlu diingat juga bahwa "to be used to" dan " get used to" diikuti oleh noun atau gerund. Bagaimana sudah tidak bingung lagi kan? Silahkan baca artikel lainnya mengenai kenapa belajar bahasa Inggris itu tidak susah

No comments:

Post a Comment