Cara Agar Bahasa Inggris Tidak Susah Dipelajari

Sudah selayaknya kita belajar bahasa Inggris karena bahasa ini sangat penting. Namun banyak orang menganggap bahasa Inggris susah untuk dipelajari. Dari sekian kata kunci pencarian yang masuk ke blog ini kata-kata dibawah inilah yang mendominasi.

- belajar bahasa inggris sulit
- kenapa belajar bahasa inggris susah
- alasan mengapa bhasa inggris sulit
- belajar bahasa inggris itu susah
- belajarbahasainggris sangat susah
- susah belajar bahasa inggris

Apakah anda sedang belajar bahasa ini? Apakah anda termasuk orang yang mengatakan bahasa ini susah? Ya benar sekali ada banyak alasan kenapa bahasa Inggris susah sehingga banyak yang mengaku sudah bertahun-tahun belajar tetap saja hasilnya tidak memuaskan. Lalu bagaimana agar bahasa Inggris tidak susah?

1. Merubah paradigma

Paradigma adalah cara pandang orang terhadap diri dan lingkungannya yang akan mempengaruhinya dalam berpikir (kognitif), bersikap (afektif), dan bertingkah laku (konatif) - Wikipedia.

Jadi pertama-tama kita harus merubah cara pandang kita terhadap bahasa ini. Berhentilah menganggap bahasa ini susah karena hanya akan membuat anda semakin susah. Jika anda pesimis sejak awal maka hasilnya akan tidak maksimal.

Cobalah anda lihat disekitar anda, tentu ada orang yang tidak bisa baca tulis. Tapi bisa dipastikan mereka bisa berbahasa Indonesia. Hal ini sama dengan di negara-negara berbahasa Inggris tentu saja ada beberapa orang yang tidak bisa baca tulis tapi mereka bisa berbicara menggunakan bahasa mereka.

Ok mungkin sekarang sudah tidak ada lagi orang yang belum bisa baca tulis disana. Coba kita tarik jauh kebelakang ketika jaman kerajaan di Inggris, saya yakin banyak yang tidak bisa baca tulis dan kalau ditarik lebih kebelakang lagi bahkan raja dan ratu pun belum tentu bisa baca tulis, tapi mereka bisa bahasa Inggris.

Kesimpulannya: mereka yang tidak bisa baca tulis saja bisa kenapa anda tidak? Saya kira lebar lingkar otak mereka tidak beda jauh dengan kita. Apakah anda punya alasan yang masuk akal kenapa anda yang sudah bisa baca tulis ini tidak mampu?

Anda harus punya kepercayaan bahwa anda menyukai bahasa ini dan yakin anda pasti bisa. Hal ini sangat membantu dalam proses belajar. Karena kebanyakan orang gagal dalam memotivasi dirinya sendiri saat belajar.

2. Pelajari Yang Gampang Dulu
Semua orang ingin cepat bisa akhirnya belajar keras tentang grammar, menghapal 100 kata perhari, baru satu bulan kepala terasa pecah. Blashhh...meledak langsung dech terkapar mengenaskan.

Belajar bahasa tidak bisa buru-buru, memang ada beberapa cara cepat bisa bahasa Inggris namun tetap harus sesuai kemampuan. Pelajarilah yang gampang dulu. Mulai dari kata-kata yang sederhana.

Tujuan belajar sebuah bahasa adalah untuk dapat berkomunikasi dengan bahasa tersebut. Makanya anda bisa mempelajari kata-kata yang sering digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Misalnya kata sifat yang sering digunakan atau 331 most common verb http://www.acme2k.co.uk/Acme/3star%20verbs.htm

3. Tidak harus menguasai Grammar
Tata bahasa penting tapi akan tidak berguna jika anda hanya mempelajari grammar saja. Sekarang lihat disekeliling anda, orang yang paham tata bahasa Indonesia bisa dihitung jari bukan?. Mungkin anda sendiri juga tidak bisa menjelaskan jenis-jenis kalimat menurut fungsinya.

Karena disekolah sering diajarkan, bisa jadi anda lebih faham tentang grammar dibandingkan native speaker. Mungkin nilai anda akan lebih baik dari mereka saat diberi soal pilihan ganda tentang grammar.

Jika saya bilang tidak harus, bukan berarti tidak sama sekali. Grammar juga penting agar enak didengar lawan bicara.

4. Belajar setiap saat ada kesempatan
Coba ingat berapa hari sekali anda belajar bahasa ibu? Jawabannya setiap saat setiap waktu. Itulah syaratnya jika anda ingin mahir. Saya tidak menganjurkan anda untuk melototin buku terus karena malah akan membuat pikiran sumpek.

Anda bisa mencoba membuat kalimat yang sederhana. Walaupun dicampur-campur dengan bahasa Indonesia tapi tidak apa-apa. Ini bertujuan agar anda terbiasa dengan bahasa ini. Sebuah kata tidak akan melekat begitu saja dalam otak hanya dengan sekali hafal. Otak kita beda dengan komputer yang hanya butuh sekali copy dan paste maka selamanya file akan ada disana.

Itulah sedikit cara yang muda-mudahan bisa membantu proses belajar anda. Selamat mencoba teman...

No comments:

Post a Comment