Cara Gila Latihan Speaking Dan Listening Lewat Telpon

Belajar bahasa Inggris bisa dengan cara apa saja yang penting tujuannya adalah agar bisa menggunakannya untuk berkomunikasi. Latihan speaking dan listening adalah yang paling utama jika anda ingin berkomunikasi secara lisan terutama dengan native speaker. Kalau bukan native sih lebih sering bisa lebih dipahami kata-katanya.

Nah bagaimana cara belajar speaking dan listening melalui telpon?Ini pengalaman seorang teman yang menggunakan telpon kantornya untuk menghubungi seseorang diluar negeri. Tapi teman saya tidak punya teman sama sekali diluar negeri. Lalu siapa yang dihubungi?

Dia mencari target di Google, yang dicari adalah nomor telpon hotel di Australia dan Singapura. Kebetulan kedua negara ini dekat jadi mungkin saja biayanya tidak begitu mahal. Setelah mendapat nomor telpon hotel targetnya maka dia menelpon dengan alasan akan memesan kamar.

Latihan Speaking dengan Menelpon ke Singapura dan Australia
Saat menelpon ke Singapura dia bilang bisa dengan mudah mengerti kata-kata operator penerima telpon. Dia pura-pura menanyakan tentang lokasi hotel tersebut apakah strategis atau tidak. Walaupun dia bahasa Inggrisnya belum begitu fasih. Kebetulan yang diajak bicara juga logatnya bukan bule gitu.

Yang paling seru menurut dia adalah saat menelpon ke Australia. Dia bilang sama sekali tidak mengerti ucapan operator bule yang diajaknya bicara. Ternyata bahasa Inggris mereka susah dimenegrti. Setelah beberapa menit dia kehabisan alasan dan kata-kata akhirnya menunutup telpon.

Beberapa hari kemudian dia menelpon ke Australia lagi. Dia sudah punya strategi, saat berbicara dengan si bule dia bilang " do you speak France?" Jika dijawab "No" maka dia akan bilang " Could you speak slowly please". Cara ini efektif membuat sibule menjelaskan dengan kata-kata yang cukup dimengerti bagi teman saya.

Setelah beberapa kali ternyata dia ketagihan, saat dia merasa dapat mengerti apa yang dikatakan oleh lawan bicaranya itu membuatnya tambah semangat. Diapun mendapatakan beberapa kata-kata baru dan juga cara mengucapkan sebuah kata dengan benar.

Namun sayang hobby barunya harus dihentikan karena tagihan telpon kantor membengkak dia tidak mengira kalau dalam tagihan Telkom ada rincian berapa tagihan lokal dan internasional. Karena curiga, manajemen memerintahkan investigasi. Wah kalau begini dag dig dugnya bertambah dech. Resiko belajar bisa dapat SP3.

Beruntung salah seorang staff mengaku pernah beberapa kali disuruh bos Besar untuk menyambungkan ke nomor luar negeri. Kontan saja manajemen ciut nyalinya untuk confirmasi ke bos besar. Mungkin mereka takut dibentak "Ini kan perusahaan saya, terserah saya donk mau nelpon kemana!!!" Selamatlah teman saya, dia mengaku kapok dan berjanji tidak mengulanginya lagi.

Itulah teman-teman ceritanya, maaf ya tapi itu cerita fiksi alias tidak benar-benar terjadi. Untuk memotivasi teman-teman agar lebih semangat belajar.

Boleh ditiru tapi menggunakan telpon kantor jangan! Selain anda bisa menlpon hotel, bisa juga menelpon kantor atau Universitas alasannya bilang saja mau tanya-tanya. Atau kalau mau lebih irit coba telpon kedutaan negara sahabat yang ada di Jakarta. Bilang saja disana ada bom ...pasti anda akan di dijemput polisis..wekwekwek..becanda.

Latihan Speaking dan Listening Lewat Skype
Untuk dapat bicara dengan native speaker sangatlah susah apalagi kita berada jauh dari orang-orang bule. Kecuali kita liburan ke Bali dan berbaur di Kuta  dengan para bule. Tapi nga boleh donk kehabisan akal. Walaupun tinggal di Indonesia yang jarang bulenya. Kita bisa bercakap-cakap dengan mereka melalui skype.

Atau anda bisa nonton video di Youtube paling tidak anda bisa melatih listening anda dan pronunciation. Saya punya list beberapa video English di Youtube yang bisa ditonton, tapi bukan saya yang membuatnya.

Kalau mau jago anda harus kerja keras dan semangat. Temukan cara-cara baru untuk belajar sehingga anda tidak bosan karena "bosan" adalah salah satu alasan seseorang berhenti belajar. Good luck!

1 comment:

  1. hahaha. kirain beneran. tapi ide gila yang keren!

    ReplyDelete