5 Alasan Kenapa Bahasa Inggris Susah

Hampir setiap hari ada hasil pencarian kata kunci "bahasa inggris susah" ke blog ini dari Google. Berarti memang benar banyak orang masih menganggap bahasa Inggris itu susah. Padahal sudah ada tips mengatasi kendala belajar. Kalau boleh jujur masih lebih susah bahasa daerah saya lho... walaupun begitu tetap saja orang-orang masih bisa bicara memakai bahasa ini.

Berikut adalah alasan kenapa Bahasa Inggris susah :
1. Pengucapan
Memang pengucapan kata-katanya sangat berbeda dengan bahasa Indonesia. Inilah salah satu kendala kita dalam belajar. Kita tidak bisa mengetahui pengucapan sebuah kata tanpa bantuan kamus atau meniru dari native speaker.

Seandainya sistem pengucapannya sama tentu kita menjadi lebih mudah dan percaya diri dalam mengucapkan sebuah kata atau kalimat. Untuk mahir dalam pengucpan anda perlu memiliki kamus yang ada sistem pengucapannya dan sering-sering listening.

Listening sangat membantu dalam mengembangkan kemampuan pronunciation kita. teman-teman bisa mendengarkan podcst, nonton film atau acara tv dan lain-lain. Awalnya mungkin susah tai jika sudah terbiasa teman-teman akan dengan sendirinya bisa menebak bagawaimana kata itu diucapkan.

2. Phrasal verb dan speech pattern
Phrasal verb adalah kata-kata yang susah ditemukan artinya dalam kamus biasa. Ada ratusan Phrasal verb yang artinya sangat berbeda dengan kata kerjanya. Lihat list phrasal verb berikut.

Namun anda bisa menghafalkan arti phrasal verb ini seperti kata-kata yang lain. Jika teman-teman sudah mengetahui artinya tentu akan lebih mudah dalam berkomunikasi.

Speech Pattern terutama sangat menyulitkan saat kita mendengarkan native speaker. Seolah mereka tidak mengunakan bahasa Inggris. Karena sangat berbeda dengan yang kita selama ini pelajari dalam text book.

Coba lihat video berikut untuk memahami lebih jauh tentang speech pattern. Jika semua sudah dipahami maka listening teman-teman akan lebih bagus bahkan speaking teman-teman akan seperti native speaker.

3. Irregular verb dan hal lain tentang Tenses
Hal pertama yang kita pelajari disekolah tentang grammar adalah tenses. Padahal tanpa belajar tenses kita juga bisa berbicara yang benar. Anda hanya perlu lebih banyak listening.

Jika anda terlalu fokus dengan tenses maka setiap saat anda mau mengucapkans esuatu selalu berpikir "apa tenses saya sudah benar" sehingga anda bisacara tidak begitu natural.

Irregular verb memang salah satu kendalanya. Kita harus menghapal tiga bentuk kata dengan arti yang sama. Namun kita tidak perlu menghapal semuanya. Coba pelajari yang umum saja atau yang paling sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

4. Dialek

Dialek bisa berbeda-beda disetiap negara. Tentu saja perlu waktu lama untuk bisa meniru sebuah dialek. Tapi kita tidak perlu kawatir karena mereka tentunya tidak akan menggunakan dialek mereka yang susah jika tau lawan bicaranya bukan dari diealek yang sama. Terus saja bilang "pardon me" sampai dia berbicara dengan cara yang lebih dipahami.

5. Slang dan Idiom
Sama seperti phrasal verb, slang dan idiom jarang ada artinya dalam kamus biasa. Untuk idiom dan slang coba cari di Urban Dictionary  dan Free dictionary. Sebenarnya kata-kata itu sangat penting jika kita ingin mahir dan dapat memahami native speaker tapi tentu saja perlu waktu dan usaha untuk belajar.

Semua alasan kenapa bahasa Inggris sangat susah sangat masuk akal tapi sudah banyak orang yang berhasil mengusainya ini membuktikan jika kita mau, ita juga bisa.

No comments:

Post a Comment