Speak English Di Depan Umum Dimana Rasa Nasionalismemu

Kisah ini berawal dari sebuah postingan member sebuah forum terkenal di Indonesia. Cerita si pembuat thread dia beberapa hari sebelumnya secara tidak segaja melihat seorang anak remaja yang cas cis cus bicara dalam bahasa Inggris dengan kedua orang tuanya di sebuah mall. Padahal kalau di lihat dari wajahnya menunjukkan kalau mereka Indonesia banget dan lagi omongan mereka setengah bahasa Indonesia dan setengah bhs Inggris.

Lalu yang punya cerita mempertanyakan apakah orang-orang seperti anak remaja itu masih punya rasa nasionalisme. Dan menuduh bahwa anak itu sudah tidak cinta lagi dengan Indonesia karena memilih untuk bicara dalam bahasa Inggris.

Celakanya member lain dari forum itu kebanyakn setuju dengan pendapat si empunya cerita. Banyak bahkan menghujat dengan kata-kata yang tidak layak. Saya ikut nimbrung dengan komen yang agak berbeda dengan member lain tapi malah dibilang ikut-ikutan tidak nasionalis.

Rintangan Belajar Bahasa Inggris

Dari cerita diatas saya berpikir ternyata ada banyak kendala belajar bahasa Inggris. Menurut saya rasa nasionalisme seseorang tidak akan hilang hanya karena dia berbicara menggunakan bahasa asing. Apa diplomat kita diluar negeri sana perlu dipertanyakan rasa nasionalismenya?

Menarik untuk mengetahui ada anak remaja yang tanpa malu berbicara bahasa asing dengan orang tuanya di depan umum. Sebenarnya cara ini lah yang paling efektif untuk memupuk rasa percaya diri anda dan melatih speaking anda. Jika mau jago speaking anda harus praktek berbicara di depan orang banyak.

Saya juga salut dengan kedua orang tua anak itu. Mereka mau menjadi partner bicara, berarti mereka benar benar ingin anaknya menguasai bahasa asing dengan baik. Tidak masalah jika orang tua tidak terlalu bisa speaking. Justru orang tua dan anak bisa saling melengkapi. Mereka bisa sharing dan saling menyempurnakan.

Selain dari diri sendiri, kondisi lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap keberhasilan kita belajar bahasa asing. Mungkin ada saja yang meremehkan kita ketika kita mencoba latihan bicara. Banyak sebenarnya kendala dalam belajar bahasa Inggris dan rasa percaya diri salah satunya.

Yang Perlu Ditiru English Learner

Anda perlu meniru semangat anak remaja di cerita diatas. Saya tidak menyelahkan orang yang berpendapat miring karena menurut saya orang bisa bicara apa saja sesuka mereka. Saya hanya ingin mengingatkan English learner untuk tetap fokus untuk belajar. Jangan sampai kata-kata miring membuat semangat anda down dan berfikiran negatif serta takut dicap tidak nasionalis.

Dulu saya juga sempat berpikir saya tidak nasionalis tapi lama kelamaan saya menyadari kalau perasaan itu hanya pembenaran bagi saya untuk berhenti belajar. Saya tidak mempu menguasai bahasa ini makanya saya mencari-cari alasan untuk tidak melanjutkan belajar.

Ngomong Inggris Dikeramaian

Mungkin anda bisa membayangkan betapa ngerinya melihat tatapan aneh orang-orang saat anda bicara bahasa asing. Apalagi bahasa Inggris adalah bahasa yang sudah umum. Anda mungkin berpikir beberapa diantara mereka ada yang tau kalau cara bicara anda salah.

Rasa malu menghantui anda dan membuat lidah anda tidak bergerak. Rasa percaya diri anda makin berkurang ketika ada orang yang tersenyum mencibir. Padahal belum tentu itu karena anda. Jika anda mempu mengatasi keadaan ini maka saya jamin bukan hanya bahasa Ingris anda yang berkembang tapi rasa percaya diri anda juga akan meningkat.

Makanya mulai saat ini jangan terlalu mendengarkan omongan orang. Tutup telinga rapat-rapat, jangan biarkan mereka menciutkan nyali anda. Mereka melakukan itu karena mereka merasa tidak mampu dan tidak ingin orang lain meraih pencapaian lebih dari mereka, tetap semangat belajar dan banyak-banyak berlatih.

No comments:

Post a Comment