Kenapa Bahasa Inggris Susah Dan Solusinya

Setiap orang yang sudah belajar bahasa Inggris tapi belum juga bisa pasti akan menyimpulkan kalau bahasa ini susah dipelajari. Seperti yang pernah saya rasakan, sudah bertahun-tahun belajar sejak duduk di bangku smp kelas satu tetap juga tidak bisa. Padahal kenyataannya tidak begitu, saya kalau boleh jujur dulu tidak pernah belajar. Bahasa Inggris sebenarnya gampang dan anda bahkan bisa belajar bahasa Inggris tanpa guru.

Kenyataannya saya tidak benar-benar belajar hari berganti hari tidak satu menitpun saya gunakan untuk belajar. Okelah jika memang sudah benar-benar belajar lalu masih juga menemui kesulitan. Lalu apa sebenarnya yang membuat bahasa ini sulit dan susah untuk dikuasai. Tidak semua orang berhasil padahal sudah kursus di tempat kursus bergengsi.

Bahasa Inggris Bukan Bahasa Fonetik

Apa itu bahasa fonetik? Bahasa fonetik adalah bahasa yang cara pengucapan kata-katanya sesuai dengan apa yang tersirat. Bahasa Indonesia adalah salah satu bahasa fonetik, apa yang tertulis itulah cara pengucapannya.

Sedangkan bahasa ini sungguh berbeda antara tulisan dan pengucapannya. Saya masih ingat ketika saya ditertawai oleh teman-teman kelas saya saat mengucapkan kata "enough" padahal mungkin diantara mereka yang tertawa mungkin juga tidak tau cara pengucapannya. Saya mengucapakan "enoug" padahal harusnya  (ɪˈnʌf).

Masih banyak  kata yang benar-benar sangat berbeda tulisan dan pengucapannya yang membuat anda prustasi apalagi harus berbicara dengan native speaker, tentu saja akan kentara kalau pengucapana anda salah. Mungkin benar pendapat orang-orang kalau pengucapan adalah kesulitan terbesar dalam belajar bahasa Inggris.

Solusi   
Semua masalah ada solusinya lalu bagaimana cara menghapal ribuan kata sekaligus menguasai cara pengucapan yang benar? Yang anda perlukan adalah listening dan speaking. Anda perlu listening native spekaer. Cobalah tips listening dengan mendengarkan podcast atau nonton Youtube. Asah kemampuan listening anda sehingga anda terbiasa dengan pengucapan yang benar. Untuk Podcast anda bisa mencarinya di kumpulan jejak bahasa Inggris.

Luangkan waktu dua sampai tiga jam untuk mendengarkan cerita atau lagu. Coba tiru oengucapannya. Jangan malu-malu semakin anda percaya diri semakin cepat anda menguasai speaking. Sekali lagi anda perlu minimal dua jam sehari untuk belajar.

Dengarkan berulang-ulang satu judul podcast sampai anda mengusai dan dapat mengerti isisnya tanpa harus membaca scriptnya. Semakin sering anda berinteraksi dengan bahasa Inggris semakin terbiasa anda dan semua kata-kata dan pengucapaannya akan menempel dalam benak anda dan anda bisa bicara bahasa Inggris secara otomatis.Selamat mencoba...

6 comments:

  1. berdasarkan pengalaman kalau mau lancar b.inggris ya dengerin lagu, malah bisa lancar gan penguasaan bhs inggrisanya+pengucapannya. ;)

    ReplyDelete
  2. emang, gegara bahasa Inggris saya jeblog dan saat di ujian jadi Pilot saya ngga jadi lulus, karena ngga bisa bahasa Inggris...nah ini ada solusinya nih...belajar lagi ah, tahun depan daftar lagi jadi Pilotnya ya

    ReplyDelete
  3. paling enak nonton film sambil baca subtitlenyaa...sambil nonton sambil dengerin sambil baca sambil belajar

    ReplyDelete
  4. kadang kita ngerti arti kata tapi kadang kalau kata itu dirangkai jadi sebuah frasa artinya bisa berbeda
    sebaiknya belajaar idioms dan frasa juga sih ya, contohnya disini:

    http://femaleweekly.blogspot.com/2015/11/idioms-and-phrases-feel-blue.html

    ReplyDelete