Beberapa Kendala Belajar Bahasa Inggris

Saya pernah bilang bahasa adalah ketrampilan yang paling mudah untuk dipelajari. Namun beberapa pengunjung blog ini ingin saya meralatnya. Ternyata banyak orang termasuk saya dulu menganggap bahasa itu sulit, apalagi bahasa asing. Sebenarnya belajar bahasa itu tidak sulit alias gampang contohnya jika kita belajar bahasa ibu.

Belajar bahasa asing menjadi sulit karena kita tidak benar-benar belajar. Khusus dalam belajar bahasa Inggris, banyak orang ingin sekali menguasainya. Bahkan kalau dihitung lebih banyak kursus bahasa Inggris ketimbang kursus bahasa Indonesia. Namun sedikit yang mau serius belajar baru beberapa bulan sudah menyerah dan mengatakan kalau bahasa Inggris sulit untuk dipelajari.

Disamping keinginan untuk belajar yang kurang ada beberapa kendala dalam belajar bahasa Inggris yaitu :

1. Kurangnya Sumber Pelajaran
Dijaman internet ini masih saja ada orang yang enggan untuk memanfaatkan teknologi internet untuk belajar. Padahal internet adalah sumbernya ilmu pengetahuan. Semua jenis ilmu ada di internet. Anda bisa memanfaatkan internet untuk mendapatkan informasi, bahan pelajaran dan berbagai macam sumber belajar bahasa Inggris.

Tidak perlu buku bagus, tidak perlu kamus bagus, cukup cari di internet semua bahan ada. Kita harus pintar-pintar memanfaatkan internet untuk menambah pengetahuan. Jangan samapi internet hanya digunakan untk hal-hal  yang tidak berguna.

2. Waktu belajar
Ada orang yang punya banyak waktu luang namun tidak mau dimanfaatkan untuk belajar. Bahasa memang mudah dipelajari namun butuh waktu. Coba kita ingat kembali berapa lama waktu yang kita butuhkan untuk belajar bahasa ibu kita.

Belajar bahasa Inggris perlu waktu, bukan hanya sekali seminggu namun kita perlu minimal dua jam sehari. Jika memungkinkan seluruh waktu luang kita gunakan untuk belajar. Gunakan waktu sebaik-baiknya untuk mempelajari percakapan dasar sehari-hari dan menambah kosakata baru.

3. Kurang Rasa percaya diri
Bagaimanapun belajar bahasa Inggris perlu praktek untuk bicara. Bagaimana jika kita kurang percaya diri? Tentu saja proses belajar akan terhambat. Banyaknya kosakata yang kita kuasai akan tidak berguna jika kita tidak berani untuk mencoba berbicara dalam bahasa Inggris.

Anda perlu memupuk rasa percaya diri agar berani bicara di depan umum atau paling tidak berani bicara dengan teman. Jangan takut salah, karena kesalahan akan membuat kita lebih sempurna. Kita akan termotivasi untuk lebih baik dan semangat belajar.

Itulah beberapa kendala smentara saya belajar bahasa Inggris, jika anda juga ingin mahir bahasa Inggris maka harus mengatasi kendala di atas.

No comments:

Post a Comment